Pesawat American Airlines Selip dari Landasan di Tengah Kondisi Bersalju Bandara Rochester

Pesawat American Airlines

Dalam insiden dramatis, sebuah pesawat American Airlines jenis Embraer E145 yang mengangkut 53 penumpang meluncur keluar landasan dan masuk ke dalam rumput di Bandara Internasional Frederick Douglass Greater Rochester, New York, pada hari Kamis. Kejadian ini terjadi sekitar pukul 16.00 ketika pesawat sedang dalam perjalanan menuju terminal. Dihadapkan pada “kondisi landasan bersalju” akibat salju ringan di daerah tersebut. Sesuai dengan pernyataan dari Administrasi Penerbangan Federal (FAA) dan petugas American Airlines.

Video yang beredar di media sosial menunjukkan tanggap cepat dari kru layanan darurat. Dengan petugas pemadam kebakaran membantu penumpang saat mereka turun dari pesawat ke lapangan yang tertutup salju. Meskipun kejadian ini membuat resah, tidak ada laporan cedera di antara 50 penumpang dan tiga anggota kru.

Jurubicara American Airlines menegaskan komitmen maskapai terhadap keselamatan dan meminta maaf kepada pelanggan atas segala ketidaknyamanan yang terjadi. Penumpang dievakuasi dengan efisien, naik bus yang mengantarkan mereka dengan aman ke terminal. Data dari Flightaware menunjukkan bahwa pesawat telah menyelesaikan perjalanan sejauh 300 mil dari Bandara Internasional Philadelphia. Mendarat hampir satu jam lebih lambat dari jadwal.

Rochester mengalami salju ringan pada saat kejadian, dengan prakiraan cuaca memperkirakan adanya salju lebat sebanyak 2 hingga 4 inci per jam di Buffalo yang berdekatan pada akhir pekan.

Pesawat American Airlines Diinspeksi

Setelah kejadian, pesawat yang terkena dampak segera ditarik keluar dari taxiway dan kemudian dikeluarkan dari layanan untuk inspeksi menyeluruh. FAA telah memulai penyelidikan aktif terhadap kejadian ini, mengikuti prosedur standar untuk insiden semacam ini.

Saat cuaca musim dingin terus memengaruhi perjalanan udara di berbagai wilayah, maskapai sedang memperkuat komitmen mereka terhadap keselamatan penumpang dan menerapkan langkah-langkah pencegahan untuk mengatasi potensi risiko yang terkait dengan kondisi cuaca buruk. Kejadian ini menjadi pengingat tegas akan tantangan yang dihadapi oleh cuaca musim dingin dan menekankan pentingnya menjaga protokol keselamatan yang ketat dalam industri penerbangan. Para pelancong disarankan untuk tetap mengikuti perkembangan terkait cuaca dan bersiap untuk kemungkinan gangguan seiring berlanjutnya kondisi musim dingin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *